Senin, 28 Januari 2013

~~** KHASIAT DI BALIK WARNA BUAH DAN SAYUR **~~

SAYUR dan buah menjadi bagian dari asupan “empat sehat dan lima sempurna” yang diperlukan tubuh setiap hari. Buah dan sayuran sangat penting bagi kesehatan kita karena keduanya adalah makanan dari alam yang kaya akan nutrisi.

Untuk memaksimalkan asupan berbagai nutrisi, ada baiknya kita ketahui manfaat dari buah dan sayur dengan warna masing-masing.

Warna Hijau
Warna hijau pada buah dan sayur, yakni yang warna berasal dari klorofil, menandakan kandungan sulfarophane, isothiocyanate dan indoles. Ketiga zat ini berfungsi untuk merangsang komponen pemecah unsur kimiawi penyebab kanker.

Kandungan serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, kalsium, dan Beta-karoten pada sayur berwarna hijau juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, menormalkan waktu pencernaan, mendukung kesehatan retina dan penglihatan, melawan radikal bebas berbahaya, hingga meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Warna Merah
Buah dan sayur berwarna hijau menandakan kandungan zat gizi seperti likopen, asam ellagic, quercetin, dan hesperidin. Nutrisi ini mengurangi risiko kanker prostat pada pria, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor dan kadar kolesterol LDL, dan menangkal radikal bebas berbahaya.

Warna Kuning dan Oranye
Warna kuning dan oranye pada sayuran dan buah-buahan menandakan kandungan beta-karoten, zeaxanthin, flavonoid, lycopene, kalium, dan banyak vitamin C. Seluruh kandungan tersebut berfungsi melindungi sel tubuh. Selain itu, kandungan potassium pada buah dan sayur berwarna kuning juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, hingga berfungsi sebagai pencahar alami.

Warna Biru dan Ungu
Sayur dan buah yang berwarna biru-ungu mengandung magnesium yang diperlukan untuk melancarkan fungsi pencernaan, yakni dengan menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu di dalam usus dan mengantarnya keluar dari tubuh. Selain itu, terung juga mengandung pectin penurun kolesterol dalam jumlah cukup banyak.

Nutrisi lutein, zeaxanthin, resveratrol, vitamin C, serat, flavonoid, asam ellagic, dan quercetin juga mendukung kesehatan retina, menjaga level rendah kolesterol LDL, meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral lainnya, melawan peradangan, hingga mengurangi pertumbuhan tumor.

Warna Putih
Makanan berwarna putih sangat bagus untuk tubuh karena mengandung banyak flavonoid yang dapat membantu kesehatan membran sel. Nutrisi seperti beta-glukan, EGCG, SDG, dan lignan juga meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko usus besar, payudara, dan kanker prostat, hingga menjaga tingkat keseimbangan hormon, dan mengurangi risiko kanker.

Sumber: Emasloemiyono.wordpress.com

Yuk gabung juga di Allah Tujuanku
------------------------------------------------
LIKE/SHARE agar kebaikan terus menyebar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar